Tahukah kamu Kebiasaan Buruk Bikin Otak Mudah Lemot


Lupa sebenarnya adalah hal yang normal, tetapi bisa pula menjadi abnormal. Dalam hal daya ingat, ternyata terbatasnya kemampuan otak dalam mengingat ternyata sangat terkait dengan faktor gaya hidup.

Bila di usia muda kita sudah sering lupa menaruh barang, lupa tanggal, atau lupa mengingat nama orang, mungkin karena selama ini Anda selalu memelihara kebiasaan buruk.

Dalam studi terbaru, Dr.Severina Sabia dan timnya menemukan bahwa lebih dari 5.123 responden penelitian yang memiliki kebiasaan buruk berisiko besar mengalami penurunan fungsi kognitif. Dalam riset ini Sabia dan timnya menyurvei kebiasaan sehat para pekerja di London, Inggris, yang berusia 44, 56, dan 61 tahun.

Setelah menimbang faktor usia, gender, dan status sosial ekonomi, diketahui bahwa perokok merupakan kelompok orang yang paling berisiko mengalami penurunan daya ingat, kemampuan verbal, serta kemampuan menalar dan matematika.

Shutterstock
Merokok tak baik untuk setiap sel tubuh Anda. Berhentilah.


Menurunnya kemampuan memori juga terlihat pada mereka yang punya kebiasaan menenggak alkohol sekitar 1-14 kali dalam seminggu. Demikian juga pada orang yang jarang berolahraga. Nah, sekarang terserah Anda, mau bagaimana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: