Manfaat Potassium


Mineral yang satu ini sering dianggap sepele padahal peranannya sangat penting. Untuk mendapatkan asupan potassium sangat mudah. Bisa dari sayuran dan buah segar, memakan labu, umbi-umbian atau pisang. Kalau kekurangan asupan potassium, apa ya kira-kira akibatnya?

Sejumlah mineral penting tiap hari harus dicukupi oleh tubuh kita agar bisa sehat. Di antara mineral tersebut adalah potassium. Mineral ini berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah,membantu pergerakan syaraf untuk mengendalikan aliran cairan dari otot dan sel-sel tubuh. Juga mengurangi resiko pembentukan batu ginjal serta keropos tulang.

Dari mana potassium bisa diperoleh? Jika Anda suka sayuran dan buah segar, sudah bisa dipastikan kebutuhan potassium tercukupi. Bahan makanan sumber potassium yang baik antara lain pisang, tomat, terung, labu parang, bayam, kismis dan umbi umbian. Biasanya makanan yang sudah diproses atau diawetkan kandungan potassiumnya berkurang.

Kadar potassium yang rendah dalam tubuh dikenal dengan nama hypokalemia , yang belum tentu disebabkan oleh kekurangan pasokan potassium. Hypokalemia biasanya disebabkan terlalu banyak kehilangan potassium dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh diare, yang biasa diikuti degan tubuh lemas, irama jantung tak beraturan dan kadar gula darah yang abnormal.

Gejala kekurangan potassium dalam kadar yang tidak parah biasanya tidak terlalu dirasakan karena tidak terlalu tampak. Akibatnya saja yang tiba-tiba terasa oleh tubuh, yaitu jatuh sakit! Naun, terlalu banyak asupan potassium juga kurang baik bagi kesehatan karena membentuk racun.

Maka cara yang terbaik, manfaatkan sayuran dan buah segar berwarna sebagai sumber potassium. Ubi merah, labu parang, bayam hijau dan merah, terung dan pisang bisa menjadi sumber potassium. Cukup dikonsumsi secara bergantian tiap hari. Mudah bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: