Khasiat bawang putih


Bagi keluarga Indonesia, kebutuhan akan bawang putih sama besarnya dengan bawang merah. Dalam seminggu, minimal empat hari dipastikan bawang putih dibutuhkan sebagai tambahan bumbu untuk memasak. Bahkan bisa mungkin, malah setiap hari.

Khasiat kandungan ‘alisin’ dan ‘scolgen’
———————————————-

Bawang Putih yang memiliki bau khas dari zat yang bernama ‘alisin’ bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, zat yang tidak menimbulkan bau yang bernama ‘scolgen” mengandung asam amino yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan kandungan zat yang dimilikinya, bawang putih memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menyeimbangkan hormon yang ada dalam tubuh. Selain untuk menambah stamina, bawang putih juga masih memiliki khasiat yang lain, seperti di bawah ini:

– Menghilangkan Lelah

Pada saat tubuh mengambil energi yang dihasilkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh akan mudah kehilangan vitamin B1. Jika kita kekurangan vitamin B1, stamina akan mudah menurun yang mengakibatkan mudah lelah. Vitamin B1 mudah diserap dan dikeluarkan sehingga cenderung mudah berkurang.

Karena Alisin berkaitan dengan vitamin B1, maka ‘aria thymine’ menjadi bahan yang mudah larut sehingga membantu menjaga ketahanan tubuh lebih lama dan tidak mudah lelah. Scolgen juga dapat meningkatkan fungsi kerja vitamin B1yang juga meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B1 pada bawang putih meningkatkan energi dan stamina tubuh dengan maksimal.

– Mencegah bakteri infeksi dan racun pada makanan

Alisin dapat menjaga tubuh dari virus dan bakteri yang merugikan tubuh. Kekuatan yang dimiliki alisin sangat kuat. Kandungan zat ini dapat membunuh bakteri dan racun pada makanan seperti salmonella, disentri, kolera, kanker perut, kuman penyebab infeksi saluran pencernaan dan virus pirori.

Selain itu, alisin juga dapat mencegah basil penyebab TBC, virus influenza serta patogen pada paru-paru dan tenggorokan. Dengan kata lain, bawang putih efektif untuk mencegah racun pada makanan dan mencegah berkembangnya penyebab demam di musim panas.

– Menjaga trombosit dan aliran darah

Trombosit adalah sel darah merah yang terdapat di pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat dapat menyebabkan penyakit yang serius seperti sakit jantung. Trombosit inilah yang dapat menjaga kelancaran peredaran darah.

Darah mengirimkan nutrisi yang penting untuk tiap bagian tubuh dan hasil pembuangan tubuh ini dapat membuat peredaran darah tidak lancar yang mengakibatkan metabolisme tubuh menurun. Sedangkan scolgen dapat melarutkan trombosit yang dapat melancarkan peredaran darah ke setiap sudut tubuh.

– Meningkatkan selera makan dan mempercepat penyerapan

Aroma yang dikeluarkan oleh bawang putih tidak hanya dapat merangsang nafsu makan, tetapi alisin juga dapat merangsang lambung untuk mempercepat produksi cairan lambung sehingga dapat memaksimalkan pencernaan.

Bawang putih dapat menghasilkan pepsin yang terutama dapat memecah protein daging dan ikan. Jadi pada masakan daging dan ikan dianjurkan untuk memakai bawang putih. Bagi orang yang senang makan daging dan orang yang sering kehilangan nafsu makan dianjurkan untuk banyak makan bawang putih.

Selain bekerja di perut, alisin juga bekerja untuk jantung. Bawang putih dapat memacu gerak perilstatik jantung. Pergerakan jantung ini berhubungan dengan sistem pembuangan dan penyerapan tubuh yang mengakibatkan lancarnya pembuangan sehingga sembelit dapat dihindari.

– Meningkatkan kekebalan tubuh

Alisin dan skolgen dapat meningkatkan metabolime dan memperkuat kekebalan tubuh. Oleh karena itu, dengan memakan bawang putih dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit dan menyehatkan tubuh.

Para penelitian kanker di Amerika mengumumkan bahwa bawang putih adalah top list makanan yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker. Zat yang dikandung bawang putih dapat membantu enzim penawar racun penyakit kanker.

– Menghangatkan tubuh

Pendingin ruangan atau AC bisa membuat tangan dan kaki dingin, leher kaku dan sakit pinggang. Alisin dan scolgen bukan hanya dapat memperlancar peredaran pembuluh darah, tetapi juga dapat memperpanjang pembuluh darah peripheral yang memperlancar aliran darah sehingga dapat menghangatkan suhu tubuh. Selain itu, bawang putih juga dapat mengatasi macetnya darah di pinggul. Dengan sirkulasi darah yang baik, penyakit dapat dikurangi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: