Thermage, Kencangkan Kulit Tanpa Sakit


BILA Anda ingin kulit wajah menjadi lebih kencang, lengan tanpa gelambir, selulit bahkan acne, teknologi Thermage mungkin perlu dilirik. Meski biayanya jutaan rupiah, teknologi ini tidak menyakitkan dan hasilnya bisa dirasakan sampai 2 tahun

Prosedur ini beberapa tahun terakhir begitu populer di kalangan para wanita penggemar make over. Thermage merupakan teknik mengencangkan kulit yang bersifat non-invasif (tanpa memasukkan bahan-bahan tertentu ke dalam tubuh entah itu lewat suntikan atau bedah).

Dengan menggunakan radio frekuensi yang disebut ThermaCool, metode ini bisa diterapkan untuk berbagai jenis kulit, tidak hanya kulit orang Eropa, melainkan juga Asia dan berbagai belahan dunia lain. Menurut Wolgang Kramer, Direktur Thermage wilayah Asia Selatan, teknologi ini ditemukan empat tahun lalu di California, Amerika Serikat. “Tapi baru berkembang di Asia sekitar dua tahun belakangan ini,” jelas pria yang berdomisili di Singapura ini.

Sampai dengan November 2002, Thermage digunakan oleh lebih dari 2000 dokter di seluruh dunia dan lebih dari 19.000 pasien ditangani dengan teknik ini. “Ini karena alat Thermage sudah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration, Amerika Serikat (Badan pengawas obat dan makanannya Amerika),” ungkap Kramer.

Meski tidak membahayakan, tentu saja tidak setiap orang bisa atau diizinkan menggunakan alat ini. Hanya dokter yang sudah terlatih atau setidaknya bersertifikatlah yang boleh menjalankan alat ini. Sebelum prosedur dijalankan, dokter membuat gambar atau tanda di kulit yang hendak diterapi. Skin marker ini bisa dihapus dan dibuat untuk menghindari pengulangan terapi.

Setelah itu, mulailah dokter menyalakan alat dan meletakkan alat penyalur energi panas ke kulit. Radio frekuensi yang dialirkan ke kulit dengan alat yang disebut ThermaTip ini memiliki efek panas. Lewat efek ini, kolagen dalam kulit akan mengerut dan berkontraksi sehingga merangsang tubuh untuk membentuk atau memroduksi kolagen baru.

Hasilnya, kulit akan kencang dan terangkat. Tidak seperti laser atau alat pengencang kulit lain, yang hanya menembus lapisan dermis kulit, efek panas ThermaCool, menurut Kramer mampu menembus lapisan kulit terdalam, yakni dermis subkutis tanpa merusak kulit atas.

“Setidaknya setiap kali tip itu diletakkan dan energi dialirkan, ada tiga proses yang berlangsung,” jelas Kramer. Yang pertama, kulit didinginkan terlebih dahulu. Kemudian energi panas dialirkan, dan yang ketiga adalah proses pendinginan kembali. Semuanya ini dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, yakni dua detik.

Proses ini berlangsung dalam tiga dimensi meliputi poros x, y dan z kulit. Sehingga tidak hanya mengencangkan lapisan dalam kulit melainkan juga memadatkannya atau mengangkatnya. “Seluruh proses sekurang-kurangnya berlangsung satu jam,” jelas Kramer.

No Down Time
Dr. Rorent Tanudjaja dari Aphrodite Ladies Spa menyebutkan, prosedur Thermage ini cukup sederhana dan membuat para wanita atau siapa pun yang dirawat merasa nyaman. Efek samping yang pernah dilaporkan sangat sedikit. Hanya kurang dari 0,4 persen. Ini dari ribuan perawatan yang pernah dilakukan.

Kebanyakan efek yang pernah dilaporkan berupa kulit kemerah-merahan, bengkak, benjol, dan melepuh di kulit yang dirawat. Tidak perlu khawatir karena efek ini hilang dalam beberapa hari atau minggu. Apalagi, kejadian ini sangat jarang terjadi dan bisa diatasi dengan obat penghilang sakit yang biasanya diberikan usai perawatan. Tidak ada perawatan khusus untuk itu.

“Selain itu metode ini juga cocok untuk mereka yang cukup sibuk dan sering merasa hanya memiliki sedikit waktu untuk merawat atau memperbaiki penampilan, padahal perlu,” jelas Rorent. Uraian Rorent memang bukan omong kosong karena usai melakukan Thermage, bisa dibuktikan kalau Anda bisa langsung menggunakan make up.

“Thermage memberi layanan no down time, sehingga Anda bisa kembali bekerja setelah perawatan,” jelas Rorent. Anda pun bisa langsung jalan-jalan ke mall atau melakukan aktivitas lain seperti rapat misalnya. Tidak seperti tindakan bedah invasive yang butuh berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk bisa melakukan aktivitas normal kembali.

Bisa Kombinasi
Thermage memang tidak hanya bisa diterapkan untuk wajah saja. Thermage bisa diterapkan untuk masalah lain ditubuh seperti gelambir di lengan, selulit di perut atau paha, kantong mata, juga acne. “Pokoknya di seluruh tubuh, deh,” jelas Rorent.

Thermage bahkan bisa dikombinasi dengan model perawatan lain seperti botox, derma filler, laser, IPL (intense pulse light), face lift, liposuction, tummy tuck, atau microdermabrasi. “Dengan Thermage, perawatan ini akan semakin sempurna,” terang Rorent.

Bahkan untuk Anda yang tidak memiliki masalah pun, Thermage bisa diterapkan. Setidaknya, menurut Rorent, Thermage bisa dipakai untuk menginvestasi kolagen sehingga tidak cepat habis atau rusak. Dan Anda pun akan tampak awet muda.

Bisa Diulang
Driektur Thermage bagian Asia Selatan, Wolgang Kramer menyebutkan, prosedur Thermage pada umumnya hanya berlangsung sekali dan bisa diulang lagi. Hasil perawatan bisa dilihat antara satu sampai empat minggu. Sebulan sampai tiga bulan dan hasil paling sempurna bisa sampai enam bulan. Semua itu tergantung keadaan kulit seseorang.

Bila kerutan dan kekendoran kulit sudah parah atau setidaknya banyak sekali, tentu Anda tidak bisa mengharapkan hasil yang sangat sempurna seperti saat Anda remaja. Factor lain yang memengaruhi adalah tipis dan tebal kulit, serta kandungan lemaknya.

“Tapi yang jelas, perawatan ini merubah kekencangan kulit dan akan bertahan sampai dua tahun,” jelas Kramer. Kalau dalam waktu enam bulan Anda masih belum puas dan ingin melakukan terapi lagi, tentu saja dokter tidak menolak.

Namun, tentu saja biaya yang dikeluarkan juga banyak. Menurut Rialita Lubis, manajer operasi Aphrodite Ladies Spa, biaya perawatan Thermage tergantung dari seberapa luas area yang dirawat. Karena itu agak sulit menjawab meski hanya standar. Yang jelas, Anda mesti keluarkankocek setidaknya lebih dari 5 juta untuk perawatan yanga ada.

Perokok Jangan Diterapi
Meski aman, tidak berefek samping membahayakan, dan cepat perawatannya, tidak setiap orang bisa dirawat dengan metode Thermage. Berikut ini mereka yang tidak dianjurkan untuk menjalani perawatan ini;
– Para perokok. Anda harus menghentikan merokok karena merokok tidak memberi hasil yang lebih baik bahkan memperburuk kondisi.
– Diabetesi. Meski tidak melukai dan ada pendingin, Thermage membuat kulit menjadi sedikit lepuh. Karena itu, diabetesi tidak dianjurkan mengikutinya karena efek selanjutnya bisa jadi lebih buruk.
Wanita hamil dalam hal ini tidak dianjurkan melakukan terapi ini.
– Mereka yang menggunakan atau memasang alat elektronik di tubuhnya seperti misalnya alat bantu dengar atau hearing aid, pace maker, dan lain-lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: