Kelebihan Symbian 3 pada Nokia N8


Ponsel pertama Nokia yang bekerja dengan sistem operasi Symbian 3, N8, hadir di pasar Indonesia. N8 tercatat sebagai ponsel pertama yang bekerja dengan Symbian 3 yang ada di Indonesia.

Lantas, apa kelebihan Symbian 3 dibandingkan dengan pendahulunya. Product Manager Nokia Indonesia, Legi Sugianto menyebut banyak kelebihan yang dimiliki sistem operasi terbaru ini. Salah satu diantaranya adalah kemampuan sistem operasi ini ‘menghandle’ kinerja kamera carl zeiss 12 megapiksel serta flash xenon.

Menurut Legi, kinerja kamera tidak akan optimal tanpa didukung oleh sistem operasi yang mumpuni. ”Apalagi kamera ini mampu menghasilkan kualitas gambar high defintion,” kata Legi menambahkan. Sistem operasi terbaru, katanya, mampu mendukung kinerja kamera dan flash secara optimal, sehingga mampu menghasilkan gambar dan video yang optimal pula.

Menurut Legi, saat ini belum ada ponsel yang memiliki spesifikasi kamera dan flash seperti N8. Disis lain, N8 juga mendukung sistem multitasking. ”Anda bisa membuka foto, mendengarkan musik sekaligus melakukan up date ke jejaring sosial secara paralel,” papar Legi sambil menunjukan keandalan N8 melakukan multitasking.

Saat ponsel ini melakukan multitasking, semua berjalan lancar-lancar saja. Tiga aktivitas ini bisa dilakukan secara paralel, atau bergantian bila menggunakan satu home screen.

Video menjadi salah satu fitur unggulan N8. ”Dengan ponsel ini, seseorang tidak perlu lagi menggunakan kamera digital kompak untuk mengambil gambar atau video,” ujar Legi. Pasalnya N8 bisa dimanfaatkan untuk membuat video atau film pendek dengan kualitas yang baik.

Hasil rekaman bisa diolah dengan menggunakan aplikasi yang ada di ponsel. ”Tak perlu memindah file ke komputer terlebih dahulu,” katanya. Bahkan menshare foto atau video bisa dilakukan dengan satu sentuhan saja.

”N8 seperti minicomputing. Banyak kemampuan komputer ada di ponsel ini,” kata Ari Fadyl, online markerting manager Nokia Indonesia. Bahkan untuk kemampuan multitasking, N8 disebutnya lebih unggul dibandingkan komputer. ”Belum tentu komputer bisa melakukan pekerjaan multitasking,” kata Ari.

Sistem operasi baru rupanya memberi keleluasaan Nokia mengembangkan produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Kapasitas penyimpanan pada ponsel ini relatif besar, 16 GB. Bila kurang terdapat slot kartu memori.

Untuk penyimpanan data, Symbian 3 disebut Legi telah memisahkan file yang masuk kategori aplikasi dengan data. ”Data dan aplikasi disimpan terpisah. Sehingga kalau kapasitas penyimpanan tinggal sedikit, sistem secara keseluruhan tidak terganggu,” paparnya.

Pada Nokia N8 sendiri juga dikembangkan fitur baru yakni USB On Go. Dengan fitur ini pengguna bisa meningkatkan lagi kapasitas penyimpanan dengan menggunakan eksternal memori yang dihubungan dengan USB on Go. Bila kapasitas penyimpanan eksiting penuh, data bisa disimpan di eksternal memori. ”File tersebut juga bisa dibuka dan dibaca di eksternal memori,” kata Legi.

sumber : republika.co.id

2 Responses to “Kelebihan Symbian 3 pada Nokia N8”

  1. Restu Says:

    Thanks atas postingannya. Skrg sy sdh mgengrti ttg klebihan symbian^3


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: