Keuntungan Bisa Berkata ‘Tidak’


VIVAnews – Sepanjang hari, Anda mendapati orang lain membutuhkan bantuan Anda, misalnya waktu, energi, perhatian, pujian, bahkan perjanjian dari Anda. Sebaliknya, Anda juga butuh bantuan yang sama dari orang lain. Ini terjadi di mana-mana, tempat kerja, rumah, bahkan saat bertemu orang asing di jalan. Itulah yang terjadi dalam hidup, Anda memberi dan Anda menerima.

Selalu mengatakan ‘Ya’ kepada orang setiap kali membutuhkan bantuan Anda tentu dapat menguras energi, bahkan mungkin kebahagiaan Anda. Walau mengatakan ‘Tidak’ itu tidak mudah, terutama bagi yang terbiasa mengatakan ‘Ya’, tapi itu merupakan hal penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Maka itu, sadari kebiasaan mengatakan ‘Ya’, sebab banyaknya tuntutan dari orang di sekitar Anda tidak mungkin Anda sanggupi semua. Inilah keuntungan bisa  mengatakan ‘Tidak’.

-Lebih banyak energi. Tidak hanya akan Anda akan menghemat energi, kenyataan bahwa kini Anda berada dalam kendali kesadaran akan menambah energi ekstra

– Lebih punya banyak waktu

– Lebih percaya diri.

– Hidup lebih menyenangkan.

Lantas, bagaimana mengatakan ‘Tidak’ secara bijak? Ini caranya:
1. Anda bisa memberitahunya. Minta pengertian padanya bahwa Anda sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan lain.

2. Miliki jadwal kerja. Tidak ada cara untuk memeriksa apakah hal-hal itu sesuai dengan rencana jika Anda tidak memiliki jadwal. Dan, jika Anda tidak memiliki rencana, orang lain akan senang memanfaatkan Anda.

3. Belajar berkata ‘Tidak’. Mungkin tidak semuanya, tapi misalnya 95 persen dari semua permintaan bantuan. Beritahu kepadanya bahwa Anda juga punya pekerjaan lain yang perlu diselesaikan segera.

4.Pertimbangkan. Ambil waktu sekitar lima detik untuk mempertimbangkan apakah 20 persen dari semua permintaan dari orang di sekitar Anda nisa disesuaikan dengan kesibukan Anda. Jika tidak, Anda bisa berkata ‘Tidak’.

Katakan ‘Ya’ untuk hal-hal penting
Apakah penolakan terhadap permintaan tolong orang lain itu buruk? Mungkin terkesan seperti itu. Tapi, tunggu dulu. Perlu Anda sadari, sebelum menyatakan ‘Ya’, kenali apakah hal itu bisa mnguntungkan Anda, entah dalam performa kerja atau di mata atasan. Bila penting untuk karier dan diri Anda, inilah waktu tepat Anda berkata ‘Ya’. (

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: