Dongkrak Gaji Lewat Teknologi


VIVAnews – Memiliki keahlian mengoperasikan komputer atau teknologi informasi saat ini menjadi kunci sukses dalam karier. Dalam sebuah survei learndirect, Sebagian pengusaha dan pemilik perusahaan mengatakan, mereka melihat pekerja yang ‘melek’ teknologi merupakan karyawan yang lebih berharga bagi bisnis perusahaan daripada yang tidak memiliki keterampilan ini.

Enam dari sepuluh perusahaan mengatakan akan meningkatkan tawaran gaji seseorang yang bisa menggunakan aplikasi seperti surat elektronik, mengoperasikan beragam software (untuk presentasi dan tabel-tabel) dan internet (termasuk jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook).

Ketika merekrut, 92% dari pebisnis pasti bertanya tentang kemampuan pelamar dalam menggunakan teknologi informasi seperti komputer, dan 73% dari perusahaan mengatakan keterampilan ini adalah wajib bagi semua karyawan.

Sebagian besar pengusaha (94%) juga mengklaim staf yang ada akan bekerja dengan lebih efisien jika mereka meningkatkan keterampilan komputer. Dan, hampir dua-pertiga (61%) mengatakan kemampuan di antara staf IT semakin penting bagi keberhasilan usaha suatu perusahaan.

Kebanyakan karyawan pun menganggap penting adanya keterampilan komputer, namun terkadang sebagian orang berpikir dan lebih menganggap penting kemampuan berbahasa Inggris ketimbang mengoperasikan sebuah komputer. Meskipun demikian, dua-pertiga (64%) tidak sepenuhnya percaya diri dalam kemampuan mereka untuk menggunakan IT, dengan 29% mengakui, mereka telah memiliki tugas menutupi kesalahan atau menghadapi bos yang marah karena mereka tidak memiliki keterampilan yang tepat.

Mengomentari temuan ini, Colin McDonald, Kepala Pengembangan Kurikulum di learndirect mengatakan, “Penelitian menunjukkan betapa pentingnya teknologi di tempat kerja modern. Sebagian besar pekerjaan saat ini perlu staf yang tahu bagaimana menggunakan komputer, sehingga orang-orang penting seperti bos tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi sebagai perlengkapan sentral dan penunjang dalam dunia kerja.

Meski dunia komputer di zaman modern sudah menjadi suatu hal penting, namun tetap saja masih banyak orang yang mengalami gagap teknologi (gaptek) saat mengoperasikan komputer. Dari hasil penelitian pun diketahui:

* 23% responden masih banyak yang tidak mengerti arti dari istilah ‘halaman web’;
* 19% tidak memahami kata ‘kotak masuk’;
* 15% tidak dapat menjelaskan apa yang harus di ‘download’

Meski demikian, banyak juga yang mengakui manfaat dari teknologi. Mereka menjadi ‘melek’ komputer di luar tempat kerja, dengan 36% dari Briton menyatakan akan membantu menghemat uang untuk tagihan dan belanja dan hampir seperlima (19%) mengatakan itu mengarah pada hubungan yang lebih baik dengan teman-teman dan keluarga.

Tapi, 5% responden mengaku lebih memilih tidak mengembangkan kemampuannya dalam mengoperasikan komputer. Karena menurutnya, untuk menyelesaikan masalah kantor yang berhubungan dengan komputer, mereka bisa meminta bantuan pada anak-anaknya.

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: