Strategi Menghalau Tekanan Kerja


VIVAnews – Pekerjaan kadang terasa sangat melelahkan. Apalagi dengan berbagai tekanan, seperti tekanan dari atasan, mitra bisnis, maupun tekanan deadline. Pekerjaan itu akhirnya bisa membuat kepala pusing, bahkan dapat membuat stres.

Sudah banyak studi yang menemukan bahwa terlalu menekan diri dapat berisiko pada kesehatan. Studi yang dilakukan University of Helsinki menemukan bahwa beban pekerjaan tinggi dengan sistem hadiah yang tidak setara berpotensi melipatgandakan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Karena itu, dalam berbagai tekanan yang ada, kita harus memiliki strategi untuk bertahan untuk diri sendiri. Cobalah beberapa strategi perawatan diri agar Anda menjadi lebih baik.

Belajarlah untuk berkata “tidak”
Kita tidak harus selalu berkata “iya” untuk semua permintaan. Belajalah untuk berkata “tidak”. Ketika Anda mengisi piring terlalu banyak, itu bisa membuatnya retak. Beri diri sedikit ruang. Biarkan permintaan dari orang menurun karena memang Anda yang menginginkannya.

Baca buku favorit

Menurut sebuah studi yang dilakukan University of Sussex, dengan membaca hanya selama enam menit dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Hal ini diyakini dapat membantu Anda melepaskan  ketegangan pada otot dan pikiran.

Dedikasikan satu malam dalam seminggu untuk diri sendiri
Rencanakan satu malam dari tujuh malam yang ada untuk menikmati hobi. Jika Anda berpikir tidak ada waktu, coba pikir lagi! Sebuah survei yang dilakukan di Amerika memperlihatkan bahwa kita punya lima jam waktu luang setiap hari kerja. Gunakan waktu itu untuk memanjakan diri sendiri.

Ucapkan selamat pada diri sendiri

Rayakan promosi yang didapat dengan sesuatu yang bisa membuat diri Anda merasa lebih baik. Tidak perlu mahal, tapi harus untuk Anda. Hal itu bisa dilakukan dengan membeli sebuah buket bunga untuk diri sendiri. Letakkan bunga itu di rumah dan akan selalu menjadi pengingat keberhasilan sendiri.

Buat surat terima kasih untuk diri sendiri
Jika mengalami masa-masa sulit, tulislah semua yang Anda sukai tentang diri sendiri dalam bentuk ucapan terima kasih. Buat jadi surat dan tujukan untuk diri  sendiri. Ini dilakukan untuk mengenali kekuatan diri. Dengan melakukan hal itu, Anda akan menunjukkan terima kasih bagi diri sendiri dengan tindakan pengenalan diri.

Miliki hari libur untuk melakukan apapun yang diinginkan

Ini bisa diakukan di hari ulang tahun. Mintalah satu hari libur untuk melakukan apapun yang diinginkan. Pastikan untuk menghabiskan waktu Anda dan bukan lagi untuk pemenuhan kebutuhan orang lain, tetapi untuk diri sendiri. Memberikan diri hadiah berupa waktu adalah salah satu hadiah terbesar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: