Trik Memikat HRD Lewat Resume Kerja


VIVAnews – Resume atau Curriculum Vitae (CV) melamar kerja memang berfungsi membuat departemen HRD di calon perusahaan atau calon atasan terkesan. Resume pada dasarnya disusun untuk memuaskan dan membuat perusahaan merasa Anda adalah orang paling tepat untuk mengisi sebuah posisi dalam perusahaan.

Maka itu, Anda perlu membuat sebuah CV dan resume optimistik, dan yang  memudahkan HRD membaca hal penting dalam resume. Selain membuat CV dan resume terbaik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan tentang para pembaca resume alias HRD di perusahaan.

1. Pembaca resume adalah segelintir orang yang paling cerdas dan paling skeptis. Para HRD biasanya mengetahui setengah dari yang mereka baca adalah kebohongan, melebih-lebihkan, setengah kebenaran, semantik dan sekadar trik format. Ingat, mereka membaca ratusan bahkan ribuan CV yang sama.

2. Sebagian besar pembaca resume hanya akan membaca resume secara cepat dan segera membuangnya jika mereka menemukan hal kecil yang tidak mereka sukai. Amplop atau email yang tidak disukai akan segera masuk kotak sampah. Mereka juga memilih tidak membuka file menjengkelkan, atau yang memakan waktu untuk dibuka.

3. Mereka lebih terkesan dengan resume kuat. Sebagian besar HRD mudah mengenali resume dengan kata kerja kuat. Sebab, kata kerja adalah kata tindakan. Sebagian lainnya menginginkan membaca angka-angka yang menunjukkan keseriusan Anda.

4. Tidak ada yang membaca secara rinci. Setiap HRD hanya menghabiskan waktu sekitar 20 detik atau kurang untuk tiap resume. Mereka akan mencari informasi tertentu dan akan memutuskan akan membaca lebih rinci atau tidak. Biasanya, pekerjaan dan gelar akademis menempati posisi pertama.

Keterampilan tertentu dan masa kerja juga diperhitungkan. Masing-masing HRD perusahaan punya prioritas tersendiri.

5. Mereka tidak tertarik pada tujuan pribadi dan karier Anda. Yang terpenting bagi mereka, bagaimana Anda bisa membantu perusahaan memecahkan masalah dan mencapai tujuan. Kerap perusahaan tidak menyadari kekuatan unik dan potensi yang bisa Anda berikan bagi perusahaan.

Jadi, bila Anda menulis resume jaga karakteristik agar sesuai dengan yang diperlukan pembaca. Berikan apa yang dicari pembaca resume. Tekankan salah satu atau beberapa kekuatan yang diprioritaskan dari resume. Dan, pastikan untuk mengingatnya, hingga Anda bisa mempertahankan saat panggilan wawancara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: