Dalam Tahap Apakah Hubungan Anda ?


VIVAnews – Setiap hubungan pasti akan berada dalam fase atau tahapan tertentu. Ada yang bisa bertahan adapula yang kandas di tengah jalan, semuanya tergantung bagaimana kedewasaan Anda dalam menyikapinya.

Dalam tahapan tersebut, seringkali terjadi konflik yang menjadi titik balik dalam sebuah hubungan. Konflik ini bisa jadi sebagai proses pendewasaan dari sebuah hubungan, atau mungkin malah menghancurkan hubungan itu sendiri. Lalu, berada dalam tahap mana hubungan Anda dan pasangan saat ini ?

– Tahap romantis
Dalama tahapan ini suasana hubungan Anda penuh dengan keromantisan dan biasanya terjadi di awal pernikahan. Kejutan berupa ‘pesan’ berisi kata-kata manis, ‘baju dalam’ seksi dan makan malam romantis masih sering Anda dan pasangan jumpai. Perasaan pun ingin selalu berdekatan dengan pasangan selama 24 jam. Hubungan akan terasa begitu intim dan hangat. Biasanya, Anda dan pasangan yang masih terbuai oleh romansa asmara, akan merasa kaget jika tiba-tiba dihadapi dengan munculnya konflik yang cukup besar.

– Tahap realitas
Tahapan realitas sering juga disebut pasca bulan madu. Anda akan menemukan kebiasaan pasangan yang belum Anda ketahui sebelumnya. Semua baik dan buruk pasangan sudah Anda ketahui dalam tahapan ini. Dalam tahap inilah dibutuhkan toleransi dan penyesuaian satu sama lain. Kehidupan Anda dan pasangan tidak lagi dalam bayangan hidup bahagia selamanya tetapi lebih mempertimbangkan masa depan. Hubungan Anda juga akan melewati proses pendewasaan.

– Tahap komitmen
Dalam kehidupan pernikahan, Anda dan pasangan tentu akan menghadapi berbagai konflik baik besar maupun kecil. Untuk mengatasinya, tentu dibutuhkan komitmen tinggi agar bisa mempertahankan hubungan. Dalam mengambil keputusan, Anda dan pasangan tidak lagi mempertahankan ego masing-masing tetapi lebih mempertimbangkan komitmen pernikahan. Jadi, semua keputusan yang diambil adalah untuk kebaikan hubungan Anda dan pasangan.

– Bertahan
Saling adu argumen pasti sering terjadi jika Anda sudah menginjak tahap ini. Meskipun rasa kesal, jengkel dan kecewa dengan pasangan muncul, Anda tetap ingin mempertahankan hubungan. Sebesar apapun konflik dan adu argumen yang dihadapi, Anda dan pasangan harus memperkuat komitmen untuk mempertahankan hubungan. Meskipun sesekali terbersit pikiran untuk berpisah, hal itu wajar dan sering terjadi saat emosi sedang meninggi. Hal yang terpenting adalah bagaimana Anda dan pasangan sama-sama berusaha menyelesaikan semua konflik dan persoalan rumah tangga.

– Tahap resolusi
Tahapan resolusi dalam hubungan terjadi apabila Anda dan pasangan merasa saling membutuhkan satu sama lain, dan tidak bisa dipisahkan. Pertengkaran dan konflik hebat sudah dialami, tapi bagi Anda dan pasangan, hidup bersama adalah jalan yang terbaik. Dalam tahapan ini, Anda dan pasangan berusaha mencari solusi konflik dan saling menyepakati bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat ditemukan solusinya. Resolusi Anda dan pasangan terkait dengan hubungan pernikahan adalah untuk mempertahankannya hingga maut memisahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: