Masalah Cinta Picu Depresi


VIVAnews – Berada dalam hubungan cinta yang tak jelas bisa memicu depresi. Hubungan sebab-akibat itu terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan Leanne Knobloch dari University of Illinois dan Lynne Knobloch-Fedders dari The Family Institute di Northwestern University.

Saudara kembar itu melakukan penelitian lebih dari 30 tahun terhadap sejumlah orang yang mengalami depresi berat. Hasilnya, orang yang mengalami depresi cenderung merasa kurang puas dengan kehidupan percintaannya.

Peneliti mengajukan tiga pertanyaan kepada setiap responden terkait keyakinannya terhadap hubungan dengan pasangan. Pertanyaan pertama: “Seberapa yakin Anda melihat hubungan ini?”. Kedua: “Seberapa yakin Anda, jika pasangan tetap ingin hubungan ini berjalan?”. Ketiga: “Seberapa yakin Anda terhadap masa depan hubungan ini?”.

Hasil analisa atas jawaban para responden menunjukkan, mereka yang mengalami gejala depresi parah cenderung mengalami masalah yang cukup serius dalam hubungannya dengan pasangan.

Mereka yang mengalami ketidakpastian cinta umumnya merasa kurang puas dengan hubungan yang tengah terjalin. Efek selanjutnya adalah munculnya gejala-gejala depresi. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Social and Personal Relationships, seperti dikutip dari laman thirAge.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: