Olahraga Terbaik Tangkal Flu


Flu menjadi ancaman menyiksa di tengah pergantian musim sekarang ini. Yang Anda perlukan adalah tindakan pencegahan. Lakukan olahraga sederhana untuk memperkuat daya tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan, melakukan raga seperti jogging, bersepeda, atau berenang, minimal 20 menit setiap hari efektif meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal serangan virus influenza.

Olahraga bermanfaat meningkatkan pergerakan sel darah putih yang berperan melawan serangan virus di dalam tubuh. “Olahraga adalah senjata paling ampuh untuk mencegah sakit,” kata David Nieman, profesor bidang kesehatan dari Appalachian State University, seperti dikutip Health.

Nieman memperkuat argumennya melalui sebuah penelitian terhadap sekitar 1.000 partisipan selama 12 pekan. Tim peneliti merekam aktivitas dan kondisi kesehatan partisipan selama pergantian musim dingin ke musim gugur pada 2008.

Ketika flu sudah menyerang, olahraga tetap bisa dilakukan. Hanya, perlu memperhatikan asupan obat. Sejumlah obat flu semacam decongestant membuat kerja jantung meningkat. Jadi, tetap lakukan olahraga tanpa berlebihan agar jantung tak bekerja terlampau keras.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: