Bahaya Dehidrasi


Beraktivitas di dalam ruangan atau di luar ruang memiliki satu persamaan. Yaitu sama-sama membutuhkan asupan cairan yang cukup. Para ahli sejak lama sudah menganjurkan untuk meminum air putih minimal delapan gelas per hari atau setara dengan dua liter.

Tujuannya agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik sehingga racun atau zat-zat tidak baik di tubuh bisa terbuang melalui keringat maupun air seni, seperti yang dikutip dari Health24.

Jika seseorang kurang minum maka ia berpotensi mengalami Dehidrasi. Dehidrasi ialah kondisi saat manusia kekurangan cairan tubuh. Tanda-tanda seseorang kekurangan cairan tubuh antara lain, bibir, mulut dan kerongkongannya terasa kering serta haus, pegal-pegal dan air seni berwarna kuning pekat ketika buang air kecil.

Untuk Anda yang bekerja di kantor dengan pendingin ruangan, jangan pernah sekalipun lupa untuk rutin minum air putih. Setidaknya Anda bisa minum minimal lima gelas atau 1,5 liter air perharinya. Meski ruangan kantor Anda sejuk, namun pendingin ruangan sebenarnya mampu mengurangi cairan tubuh secara cepat.

Ruangan yang berpendingin biasanya memiliki kondisi kering. Sehingga secara otomatis tubuh akan mengeluarkan cairan melalui pori-pori kulit untuk membantu menjaga metabolisme. Belum lagi jika Anda rajin bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Untuk yang kegiatannya lebih banyak di luar ruang atau outdoor, selain minum air putih, minuman mengandung ion juga cukup penting. Tubuh yang aktif bergerak dan terkena panas matahari, akan lebih berpotensi kehilangan ion tubuh. Jika ion tubuh berkurang banyak maka Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Konsentrasi dan produktivitas pasti akan menurun.

Konsumsilah minuman mengandung ion secukupnya. Kini banyak merk minuman kemasan yang mengandung ion dijual di pasaran. Tapi ingat untuk memperhatikan segi kesehatan minuman itu dengan memperhatikan kandungannya serta tanggal kadaluarsa.

Selain rutin minum air putih, menjaga kondisi kecukupan cairan di tubuh bisa dilakukan dengan mengkonsumi cukup sayuran dan buah. Buah sangat penting untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin, mineral dan anti oksidan alami.

Buah selama ini terbukti mampu membantu menyembuhkan sakit sariawan, melancarkan pencernaan serta mengurangi resiko terkena kanker.

Makanlah buah tak lebih dari empat jam setelah dikupas agar kandungan vitamin dan mineralnya tetap bagus. Jika malas mengunyah buah, jus buah kesukaan Anda. Baiknya jangan dicampur dengan gula pasir. Lalu perhatikan komposisi air dengan buah saat dijus, setidaknya 30 persen air dan 70 persen buah.

Jika ingin lebih praktis, meminum sari buah kemasan juga baik. Selain rasanya bisa disesuaikan dengan selera, kandungan gizinya pun cukup terjaga.

Dan sari buah kemasan pun cocok untuk Anda yang banyak di kantor maupun aktif di luar ruang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: