Cara Sehat Nonton Sepakbola Lewat Televisi


Menyaksikan pertandingan sepak bola klub kesayangan langsung di stadion memang menyenangkan. Seperti halnya, pertandingan antara kesebelasan Indonesia dengan Filipina yang akan digelar sore ini. Tapi, bagaimana bila tiket nonton ludes sehingga Anda tidak dapat masuk ke stadion?

Jangan khawatir, televisi bisa menjadi alternatif Anda. Bahkan, Anda bisa menikmati pertandingan sepakbola dengan tenang dan santai bersama keluarga atau kekasih di rumah.

Tapi yang terpenting, Anda perlu tahu cara tepat menonton televisi dalam waktu lama. Jangan sampai karena terlalu lama atau fokus ‘memelototi’ jalannya pertandingan, kesehatan mata terganggu karena posisi Anda terlalu dekat dengan layar televisi.

Dalam penelitian mengenai kesehatan mata, ditemukan rumusan jarak aman antara layar televisi dan mata penonton. Berikut ini hasil penelitian itu yang bisa Anda jadikan pedoman saat menyaksikan tim sepak bola kesayangan.

– Untuk televisi 14 inchi, sebaiknya jarak pandang antara televisi dan mata adalah 1,78 meter. Bagaimana dengan ukuran layar televisi lainnya?

– TV 17 inchi: jarak pandang 2,16 meter

– TV 20 inchi: jarak pandang 2,54 meter

– TV 21 inchi: jarak pandang 2,67 meter

– TV 29 inchi: jarak pandang 3,67 meter

– TV 32 inchi: jarak  pandang 4,07 meter

– TV 50 inchi: jarak pandang 6,35 meter

Berikut ini juga penting untuk Anda ketahui. Selain jarak, ternyata menonton televisi dalam waktu berlebihan juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

“Walaupun studi kami hanya fokus pada kebiasaan menonton televisi, kami melihat bahwa menonton televisi dapat berhubungan juga dengan obesitas, hipertensi, dan diabetes,” kata Jack Rubinstein, MD peneliti physorg, dikutip dari Softpedia.

Rubinstein menambahkan duduk dan bersantai dalam kurun waktu yang lama di depan televisi juga mempengaruhi tekanan darah. Lalu, bagaimana agar penonton tetap sehat dengan kebiasaan menonton televisi? Ini triknya:

– Daripada nonton sambil bermalasan di sofa, lebih baik nonton televisi sambil berolah tubuh: misalnya sit-up, atau latihan beban yang ringan.

– Letakkan alat fitness (treadmill, sepeda stasioner, dan lain-lain) di dekat televisi, sehingga Anda dapat berolahraga sambil menonton televisi.

– Jauhkan camilan di sekitar area televisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: