Mitos Seputar Minyak Rambut


Rambut cantik dan sehat bukan ditentukan dari produk perawatan yang mahal. Kebiasaan Anda merawat rambut dengan baik dan teraturlah kunci utama memiliki rambut indah.

Untuk merawat rambut dengan baik, selain rutin melakukan perawatan rambut di salon, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya menggunakan minyak rambut yang terbuat dari sejumlah rempah. Tapi, benarkah minyak rambut yang seringkali dipercaya bisa menyuburkan rambut ini efektif mengatasi rambut rontok dan membuat rambut berkilau?

Memilih minyak rambut tidak boleh sembarangan. Menentukan pilihan sesuai kebutuhan rambut akan lebih baik. “Jika rambut Anda berminyak, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan minyak rambut. Sebab, bisa membuar rambut Anda makin berminyak,” kata pakar rambut Jawed Habib seperti dikutip dari laman Idiva.

Menggunakan minyak rambut sambil memijat kepala memang bisa memberikan keajaiban untuk kesuburan rambut. Asalkan dilakukan dengan benar, pijat rambut dengan minyak bermanfaat menenangkan saraf. Pijatan ini pada dasarnya membantu bersantai. Ini merangsang sirkulasi di kulit kepala dan itulah yang membantu Anda merasa lebih relaks.

Menerapkan minyak rambut di kepala memiliki cara tersendiri. Cukup pijat minyak ke dalam kulit kepala dengan lembut. Jangan terlalu keras karena bisa merusak rambut. Pakar kesehatan rambut menyarankan agar tak segera mencuci rambut setelah melakukan penerapan minyak rambut di kulit kepala. Biarkan semalaman, dan cuci dengan air hangat keesokan harinya adalah cara terbaik.

Selain memiliki manfaat, ada juga mitos di balik penggunaan minyak rambut yang sering membuat orang salah kaprah. Agar bisa memanfaatkan minyak rambut dengan baik, ketahui pula mitos seputar produk rambut alami berikut ini:

– Tidak selamanya minyak rambut bisa memelihara kilau rambut, serta membuatnya tumbuh lebih tebal, lebih panjang dan lebih gelap. Faktanya, menurut Habib, sesuatu yang diterapkan untuk rambut Anda secara eksternal bisa menjadi penghalang penyerapan nutrisi yang baik untuk rambut, bahkan juga bisa menghambat pertumbuhannya.

– Minyak rambut belum tentu membuat mahkota Anda lebih berkilau. Kenyataannya, hanya minyak pada rambut Anda yang bersinar dan bukan rambut Anda.

– Minyak rambut tidak selalu bisa mengatasi kerontokan. Sebenarnya, minyak rambut tidak bisa menghentikan kerontokan atau mempercepat pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak rambut justru bisa menarik debu dan kotoran, sehingga dapat membuat rambut Anda menjadi tempat kotoran menumpuk, yang akhirnya bisa merusak rambut.

Karena itu, jangan sembarangan menggunakan minyak rambut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: