Terbebas dari Rasa Cemas Berkat Yoga


Anda sering merasa cemas tanpa sebab atau kehilangan mood? Latihan yoga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasinya. Tim peneliti Boston University School of Medicine menemukan, sejauh ini belum ada yang mengalahkan yoga untuk urusan ini.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara latihan yoga, penurunan kecemasan, dan peningkatan gamma-aminobutyric otak (GABA) atau senyawa penenang otak alamiah, dikutip dari laman Times Of India.

Menurut temuan peneliti yang dipublikasikan Journal of Alternatif and Complementary Medicine, tingkat GABA yang rendah berhubungan dengan masalah depresi, gangguan mood, dan kecemasan.

Para peneliti mengamati dua kelompok relawan secara acak selama 12 minggu. Satu kelompok yang berlatih yoga tiga kali sepekan selama satu jam secara rutin, sedangkan kelompok lainnya tidak melakukannya secara disiplin. Tapi, sebelum latihan, otak mereka dipindai menggunakan spektroskopi resonansi magnetik (MRS) imaging, terlebih dulu.

Pada minggu ke 12, para peneliti membandingkan tingkat GABA kedua kelompok. Hasilnya menunjukkan kelompok yang berlatih yoga secara rutin mengalami penurunan kecemasan lebih signifikan dan sanggup mengembangkan suasana hati yang nyaman.

“Seiring waktu, perubahan positif dalam laporan ini dikaitkan dengan tingkat GABA yang naik,” kata Chris Streeter, profesor psikiatri dan neurologi di Boston University School of Medicine yang memimpin penelitian.

Streeter kemudian mengusulkan latihan yoga sebagai terapi yang baik untuk menangani gangguan mental.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: