Mendengkur Tanda Gangguan Jantung?


Hati-hati jika Anda termasuk orang yang mendengkur keras, sulit tidur, atau terbangun dengan rasa lelah. Penelitian menunjukkan, kondisi tersebut bisa jadi pertanda peningkatan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Tim dari University of Pittsburgh, Amerika Serikat, meneliti kualitas tidur 800 orang yang berusia 45 hingga 74 tahun. Tiga tahun kemudian diketahui bahwa orang yang mendengkur dengan keras lebih dari dua kali, kemungkinan mengalami sindrom metabolik, yang merupakan pemicu penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Termasuk di antaranya tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, dan lemak perut yang berlebihan.

“Masalah tidur adalah persoalan besar. Bisa berdampak negatif pada kondisi jantung, diabetes, dan memicu stroke serta memperpendek umur,” kata Jordan Josephson, MD, dokter di Rumah Sakit Lenox Hill, Amerika Serikat, seperti dikutip dari news.health.com.

Studi sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara masalah insomnia dan kesehatan seperti obesitas serta tekanan darah tinggi. Tapi, hasil penelitian tim dari University of Pittsburgh ini mengikuti perkembangan seseorang yang mengalami masalah tidur dari waktu ke waktu dan melihat adanya risiko sindrom metabolik.

“Kurang tidur adalah epidemi yang terjadi hampir secara paralel dengan epidemi obesitas dalam peningkatan faktor-faktor risiko penyakit jantung dan diabetes,” kata Virend Somers, MD, profesor dari Mayo Clinic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: