Belajar Atasi Rasa Takut


Rasa takut bisa dialami setiap orang, karena merupakan bagian dari perasaan seseorang. Tapi, jika takut yang dirasakan berlebihan dan menguasai hidup Anda, itu yang tidak sehat.

Karena itu, Anda harus menemukan cara mengatasi rasa takut, khususnya yang tidak rasional, dan bisa merugikan, seperti dikutip dari Methods Of Healing.

Kenali ketakutan Anda
Langkah pertama mengatasi rasa takut adalah mengenali penyebabnya. Kemudian, apa yang membuat Anda merasakan takut, dan bagaimana perasaan itu menguasai Anda.

Dengan menyadari apa yang ditakutkan, hal ini akam membantu Anda mengurangi rasa takut. Sebab, saat berusaha menyadarinya, Anda berdialog dengan diri sendiri untuk mencari jalan keluarnya.

Menantang ketakutan
Bila takut akan sesuatu, salah satu cara terbaik mengatasinya adalah menghadapi dan menantangnya. Jika Anda takut ketinggian, pergilah ke atas sebuah gedung tinggi dan melihat ke bawah. Cara ini membantu Anda mengatasi rasa takut.

Membangun mental kendali
Hal ini yang sederhana sekali seperti belajar mengendalikan pikiran Anda untuk menghindari rasa takut. Bila mulai merasa takut, lawanlah perasaan itu. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian dan hentikan perasaan yang membuat takut.

Hal ini penting sekali dlakukan, terutama bagi mereka yang tidak mampu mengontrol ketakutan sehingga selalu mengkhawatirkan hal-hal sama. Caranya, hanya menghentikan kekhawatiran atau ketakutan berlebihan.

Ubah ketakutan
Untuk menghadapi sumber dari rasa takut, maka harus mengakui apa yang membuat Anda takut. Setelah itu, mengubah rasa takut dengan mencari tahu cara menghadapinya.

Jika merasa takut berjalan sendirian pada malam hari, maka sebaiknya Anda mengambil kursus bela diri untuk melindungi diri. Atau, bila khawatir tentang padangan orang-orang terhadap Anda, maka tingkatkanlah keterampilan sehingga Anda menjadi lebih percaya diri.

Santai dan bangun keyakinan
Memerangi ketakutan merupakan salah satu strategi bagus. Sambil melawan rasa takut, Anda sekaligus membangun rasa percaya diri. Semakin Anda percaya diri, rasa takut yang menguasai pikiran Anda akan berkurang. Meditasi dan Yoga dapat menjadi aktivitas pilihan untuk mengatasi rasa takut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: