Cara Mudah Sembuhkan Nyeri Haid


Saat datang bulan, rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang. Bisa hanya samar-samar atau sangat nyeri. Kondisi yang dalam istilah medis disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut bagian bawah.

Terkadang rasa nyeri juga dirasakan hingga bagian paha atau punggung bawah. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan.

– Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat kram menstruasi semakin terasa nyeri. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul dan membantu relaksasi otot panggul.

– Jahe adalah ramuan hebal yang memiliki manfaat kesehatan luar biasa. Termasuk untuk mengatasi kram akibat menstruasi. Untuk membuat ramuan jahe, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air. Minumlah air jahe dalam keadaan hangat.

– Jika perut terasa sangat nyeri, tempatkan handuk hangat. Ini cara yang cukup simpel menghilangkan nyeri untuk sementara waktu.

– Hindari minum minuman yang mengandung kafein. Baik itu kopi atau minuman berenergi karena bisa memicu iritasi pada usus halus.

– Mengonsumsi teh beraroma mint juga bisa membantu meredakan nyeri. Akan lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat.

– Lakukan peregangan pada tangan dan kaki pada pagi hari. Ini membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi nyeri kram akibat menstruasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: