Empat Gejala Khas Penyakit Jantung


Penyakit jantung dan pembuluh darah telah lama diketahui sebagai penyebab kematian nomor satu di Indonesia dan di dunia. Bahkan berdasarkan data yang dimiliki Yayasan Jantung Indonesia, 17 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun akibat penyakit ini.

Yang mengkhawatirkan, penyakit jantung bisa menyebabkan kematian mendadak. Hal ini perlu diwaspadai karena menurut spesialis kardiovaskuler dari Rumah Sakit Harapan Kita, dr Santoso Karo Karo, Sp.JP,MPH mengatakan penyakit jantung bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

“Sering mengalami sesak di dada, terkadang dianggap hanya masuk angin biasa, lalu minta dikerik dan dipijat. Jangan sepelekan jika terjadi sesak napas, karena kondisi ini merupakan salah satu gejala khas penyakit jantung,” katanya saat ditemui di acara Konfrensi Pers yang digelar menyambut perayaan Hari Jantung Dunia dengan tema ‘Saya Bekerja dengan Jantung Sehat’, di Kantor Yayasan Jantung Indonesia, Menteng Jakarta, Rabu 4 Agustus 2010.

Menurutnya ada gejala-gejala khas penyakit jantung yang patut Anda waspadai. Jika beberapa gejala ini Anda alami, segera periksa ke dokter. Sebab, bila tak segera mendapat bantuan medis, nyawa Anda bisa menjadi taruhannya.

“Setelah merasakan gejala-gejala berikut ini, dalam waktu lima menit Anda harus waspada, dan segera meminta pertolongan. Karena, jika dalam waktu 6 jam tidak mendapatkan obat yang semestinya bisa mengakibatkan kematian,” katanya.

Untuk itu, agar bisa mewaspadai serangan jantung, Anda perlu tahu gejala khas yang bisa muncul tiba-tiba:

1. Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.

2. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).

3. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin

4. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung

Selain gejala khas di atas, ada beberapa gejala tersembunyi penyakit jantung, yaitu:

Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung ini. Biasaya gejala tiba-tiba sakit maag muncul pada timbul pada dini hari hingga pukul 10 pagi. Ini terjadi karena saraf simpatis meningkat di pagi hari.

“Jika merasa mengalami gejala ini, usahakan merebahkan diri dan minum aspirin sebagai obat peredam sementara. Selanjutnya, segera hubungi dokter agar mendapatkan pertolongan segera,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: