Kekuatan Lagu untuk Sembuhkan Depresi


Banyak orang mengikuti berbagai kontes menyanyi untuk mencari ketenaran, atau sebagai batu loncatan menjadi seorang bintang. Tapi di Prancis, menyanyi merupakan cara unik untuk mengusir depresi. Teknik terapi mengusir depresi dengan cara bernyanyi ini disebut dengan Psychophonie.

Merasa gelisah dan sedih adalah keluhan umum yang biasa dilontarkan pasien depresi. Karena itu, seperti dikutip dari laman DailyMail, para psikolog menggunakan kekuatan lagu dan musik untuk meningkatkan kepercayaan diri, proses mengusir perasaan negatif dan meningkatkan hubungan.

Teknik Psychophonie, dikembangkan di Prancis dengan cara menggunakan musik dan irama untuk meringankan kondisi seperti kecemasan, depresi dan kecanduan.

Goodchild Chloe Bristol seorang komposer, terapis bernyanyi dan pengelola situs thenakedvoice.com menjelaskan, setiap orang bisa melakukan terapi ini dengan cara berusaha mencari suara otentik atau suara sejatinya, yaitu salah satu suara yang berasal dari emosi dasar di dalam tubuhnya.

Jika ingin mencobanya, Anda harus bisa menemukan terlebih dahulu posisi yang membuat diri Anda nyaman ketika bernyanyi. Setelah itu temukan perasaan yang Anda alami dengan tepat, lalu mulainya bernyanyi. Makin banyak energi yang dimasukan ke dalam tubuh saat bernyanyi akan membuat seseorang lebih santai sehingga merasa lebih baik.

Menurut Chloe, seluruh rangkaian proses bernyanyi yang ada dalam teknik Psychophonie ini dirancang untuk membangkitkan energi tubuh. “Lewat bernyanyi bisa membantu seseorang berbicara dengan pikirannya sendiri yang akan membuatnya merasa lebih bahagia, sehingga seseorang bisa menggunakan kekuatan bernyanyi untuk menyembuhkan depresi.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: