Trik Atasi Bekas Gigitan Serangga


Tak hanya membuat kulit gatal, gigitan serangga juga bisa menyebabkan kulit bengkak atau bentol. Jika terlanjur digigit serangga, seperti nyamuk, lebah atau semut merah, tangani masalah dengan ramuan dari dapur Anda.

Praktekkan cara mempersiapkan ramuan untuk mengatasi bekas gigitan serangga dalam sekejap:

1. Cuka apel
Segera setelah disengat serangga, rendam daerah gigitan dengan sari cuka apel selama beberapa menit. Atau, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam cuka apel, lalu tempelkan kapas pada daerah sengatan. Cara ini bisa membantu mengurangi bengkak atau kemerahan akibat gigitan serangga.

2. Aspirin
Gunakan bagian belakang sendok untuk menghaluskan satu atau dua tablet aspirin di piring kecil. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk hingga menyerupai pasta. Lalu, oleskan ramuan di lokasi kulit yang tersengat serangga. Dijamin kemerahan atau bengkak dikulit akan berkurang, karena aspirin membantu menetralkan racun.

3. Es
Masukkan es ke dalam kantung plastik. Lalu, tempelkan kantung berisi es itu pada bekas gigitan. Es bisa membantu memperlambat pembengkakan. Anda juga bisa menggunakan handuk kecil yang diisi es batu, lalu tempelkan pada bekas gigitan selama 20 menit.

4. Pepaya
Pepaya mengandung enzim yang dapat menetralkan racun serangga. Jika Anda kebetulan memiliki pepaya, cukup gunakan pepaya iris untuk ditempelkan pada kulit yang tersengat serangga selama kurang lebih satu jam.

5. Baking Soda
Baking soda atau soda kue dapat meredakan peradangan dan bengkak. Caranya, campur soda kue dengan body lotion, kemudian oleskan pada daerah sensitif. Atau, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh dengan soda kue dalam segelas air, biarkan larut. Kemudian, celupkan kain atau kapas pada larutan, dan tempelkan pada kulit selama 20 menit.

6. Bawang putih
Potong atau gerus satu siung bawang putih, lalu aplikasikan pada daerah bekas disengat. Bawang putih mengandung enzim yang mampu memecah inflamasi senyawa, sehingga bisa meredakan bekas gigitan serangga.

2 Responses to “Trik Atasi Bekas Gigitan Serangga”

  1. Walter Hughes Says:

    Yang perlu diwaspadai toksin juga bisa mengandung bibit penyakit demam berdarah atau malaria. Berikut tips pertolongan pertama pada kasus gigitan serangga.Sengatan lebah atau tawon- Lepaskan sengat lebah yang masih tertinggal pada kulit anak.- Beri kompres dingin pada gigitan untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal.- Beri salep antihistamin yang dijual bebas di apotek.- Beri sirup parasetamol sesuai aturan pakai.Terkena ulat buluBalurkan kunyit parut pada kulit untuk menghilangkan rasa nyeri dan panas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: