Awas! Sesak Nafas Saat Olahraga


Bagaimana mengenali sesuatu yang tidak beres pada tubuh kita saat olah raga? Sebenarnya kita bisa mendeteksi kalau ada sesuatu yang tidak beres pada organ tubuh kita salah satunya saat sesak nafas.

Menurut Dr. Ari F Syam Ketua Advokasi PB PAPDI, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM
sesak nafas, lelah yang tidak seperti biasanya, nyeri di dada terutama bagian kiri, nyeri di ulu hati setelah melakukan aktivitas olah raga tertentu merupakan gejala yang harus kita amati dan tentu harus dievaluasi lebih lanjut.

Pemeriksaan treadmill merupakan salah satu skrining yang bisa mengidentifikasi adanya permasalahan pada jantung. Pada waktu pemeriksaan treadmill, kita akan melakukan aktivitas jalan dan secara bertahap berlari. Saat itu aktivitas jantung akan direkam dengan EKG dan keluhan lain akan dicatat.

Treadmill test merupakan salah pemeriksaan penting yang harus dijalankan bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun. Sehingga adanya kelainan jantung dapat diidentifikasi lebih awal. Apalagi bagi mereka yang mempunyai faktor risiko seperti laki-laki, usia di atas 40 tahun, obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida DM, riwayat keluarga keluarga dengan sakit jantung, kurang olah raga dan stres.

Pada dasarnya, tidak ada penyakit yang terjadi tiba-tiba meski manifestasi klinisnya bisa muncul mendadak. Masalah terpenting adalah Anda harus mengidentifikasi serutin mungkin lewat pemeriksaan (check up). Bila tidak, tentu saja kita akan terkejut dengan kemudian mendadak seperti yang dialami artis kita ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: