Bayi Tanpa ASI Cenderung Mudah Alami Obesitas Saat Dewasa


Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Children’s Hospital Boston, Amerika ini melibatkan sekitar 850 bayi dan ibu mereka selama tiga tahun.

Ketika bayi berumur 6 bulan, peneliti menanyakan para ibu tentang pemberian ASI, dan makanan padat seperti sereal, buah, dan produk susu lain.

Peneliti kemudian mendata anak-anak ketika usia tiga tahun. Mereka diukur tinggi dan berat badannya kemudian dihitung indeks massa tubuhnya untuk memeriksa obesitas.

Hasilnya, ditemukan bahwa bayi dikenalkan pada makanan padat ketika usia empat bulan tak mengalami obesitas bila mereka diberi ASI.

Namun sebaliknya bayi yang diberi susu formula memiliki satu dari empat kemungkinan mengalami obesitas pada usia 3 tahun jika mereka mulai makan makanan padat sebelum mereka berusia 4 bulan.

“Bila Anda memberikan susu formula pada bayi Anda, sangat penting untuk menunggunya berusia setidaknya empat bulan baru memberinya makanan padat. Sebab ini sangat erat hubungannya dengan obesitas pada bayi kemudian hari” jelas pemimpin penelitian Dr Susanna Hah.

Porsi makan bayi juga menjadi salah satu faktor obesitas lain dikemukakan peneliti. Sebab banyak orang tua yang memberi bayi dengan porsi besar makanan dan berpikir bayi mereka akan cepat tumbuh dan sehat.

“Ini banyak dilakukan orang tua yang tak sadar bahaya obesitas pada anak mereka kelak. Perlu Anda ingat bila bayi sudah mengalami obesitas pada usia tiga tahun akan sangat mungkin ia akan mengembangkan obesitas seumur hidupnya” tambah peneliti lain dari Universitas Texas Medical Branch, Dr David McCormick.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: