Lip Balm Bisa Bikin ‘Candu’?


Terlihat cantik sepanjang hari adalah keinginan setiap wanita. Terkadang wanita akan menghabiskan uang demi membeli riasan atau melakukan perawatan mahal agar dapat tampil memukau. Namun, banyak produk kecantikan yang justru memberikan efek kecanduan atau bahkan menyebabkan kerusakan.

Hal ini seperti tertulis pada buku ‘Can You Get Hooked On Lip Balm?‘ yang ditulis oleh Perry Romanowski. Dalam bukunya, Perry mengungkapkan empat fakta terkait kecantikan yang sangat dekat dengan kehidupan para wanita.

1. Apakah seseorang dapat ‘candu’ lip balm?
Ya. Kulit adalah organ yang rumit, dengan beberapa lapisan. Lapisan atas dan stratum corneum, terdiri dari kulit mati serta sel-sel kering. Pada lapisan kulit tersebut, kulit-kulit akan mengelupas dan akan mengirimkan sinyal pada lapisan kulit yang lebih dalam seperti lapisan basal untuk menghasilkan sel-sel kulit baru.

Hal ini disebut dengan proses pergantian selular. Ketika menggunakan lip balm secara teratur, Anda menciptakan penghalang untuk mencegah penguapan air dari lapisan kulit. Karena lapisan terluar kulit tidak mengalami pengeringan secepat pada saat normal, lapisan basal akan berhenti menghasilkan sel kulit baru dan memperlambat proses pembaruan.

Ketika bibir sudah terasa kering, lapisan basal yang seharusnya mulai memproduksi sel kulit baru lagi tidak menjalankan fungsinya. Sehingga, Anda harus mengaplikasikan lip balm kembali pada bibir dan begitu seterusnya.

2. Mengapa cat kuku mengakibatkan warna kuning?
Beberapa cat kuku berwarna gelap dapat membuat noda pada kuku karena reaksi kimia antara pewarna dan kuku. Reaksi ini sulit diprediksi karena tidak terjadi pada semua orang atau pada setiap warna gelap. Hal ini juga dapat terjadi selama beberapa hari sampai beberapa minggu.

Formaldehida merupakan salah satu bahan pengerasan yang digunakan dalam cat kuku. Zat kimia ini dapat bereaksi dengan protein keratin di kuku sehingga membuatnya rapuh dan kuning.

3. Apakah layak membeli pelembab rambut mahal?
Pelembab rambut murah biasanya tidak mengandung silikon yaitu zat paling ampuh untuk membuat rambut lembut. Namun, perbedaan antara pelembab rambut mahal dan murah tidaklah signifikan.

4. Pembersih wajah harus diaplikasikan dengan gerakan ke atas?

Belum ada yang membuktikan bahwa khasiat pembersih wajah dapat maksimal jika diaplikasikan dengan gerakan ke atas. Namun, gerakan ke atas dikatakan dapat meminimalisasikan keriput dan kulit kendur akibat gravitasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: