Lima Sinyal Penanda Anda Bahagia


VIVAnews – Kesehatan emosi, bukan hanya tergantung dari gen atau kondisi lingkungan Anda dibesarkan. Banyak faktor berperan dalam membentuk kesehatan mental, yang tentunya sangat berpengaruh pada kebahagiaan.

Ingin tahu faktor lain yang membuat seseorang jadi pribadi yang lebih bahagia? Seperti dilansir dari prevention.com, lima hal ini merupakan sinyal bahagia, yang mungkin Anda belum tahu.

1. Suka minuman hangat
Kabar baik untuk Anda yang suka menikmati aktivitas menggenggam gelas yang berisi minuman hangat. Hal ini, menurut tim peneliti dari Universitas Yale, di Amerika Serikat, ternyata bisa membangkitkan perasaan positif.

Itu karena menggenggam gelas yang berisi air hangat diasosiasikan sebagai kehangatan fisik dan kehangatan emosional. Dari penelitian juga diketahui seseorang yang suka menggenggam mug hangat sangat menghargai orang lain, ramah, dan baik hati. Dengan sikap seperti ini, tentu kebahagiaan akan datang dengan sendirinya.

2. Memiliki saudara perempuan
Seseorang yang setidaknya memiliki satu saudara perempuan, diketahui memiliki dukungan sosial yang besar, lebih optimis, dan punya kemampuan belajar yang lebih baik. Ini menurut penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan British Psychological Society. Anak perempuan dianggap sebagai pemersatu keluarga dan pencetus komunikasi yang intensif.

3. Tak suka menonton televisi
Orang yang bahagia adalah orang yang hanya menghabiskan kurang dari 30 persen waktunya di depan televisi. Ini merupakan hasil temuan tim dari University of Maryland yang menganalisa data dari lebih dari 45 ribu orang Amerika Serikat.

Mereka yang cenderung menghabiskan waktu dengan bersosialisasi, membaca, atau melakukan pelayanan agama memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, dibandingkan yang suka menonton televisi. Jadi, jangan jadikan televisi sebagai ‘sahabat’ jika Anda ingin bahagia.

4. Suka memajang foto dan souvenir

Deretan foto dari berbagai momen atau souvenir dari teman, kerabat atau sahabat, memang jadi hiasan yang menimbulkan kesan hangat. Ini bukan tanpa alasan.

“Seseorang yang suka memajang barang penuh kenangan seperti foto, sebenarnya mengingatkan diri sendiri untuk lebih menghargai hidup dan mereka lebih bahagia,” kata Sonja Lyubomirsky, PhD, profesor psikologi di University of California.

Barang yang menyimpan kenangan indah mengingatkan Anda tentang “potensi kebahagiaan”. Ini membuat Anda berusaha dan berjanji untuk bisa meraihnya lagi.

5. Memiliki dua sahabat

Tak ada yang bisa menggantikan peran sahabat, meskipun Anda sudah memiliki pasangan yang sangat Anda cintai. Faktanya, penelitian yang dilakukan 654 orang dewasa dan sudah menikah mengungkapkan, mereka yang memiliki setidaknya dua teman terbaik, mentalnya cenderung stabil dan kehidupannya lebih bahagia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: