Berlatih Membentuk Otot


Menjamurnya berbagai tempat fitness di kota-kota besar belakangan ini telah membentuk sebuah trend baru yaitu trend memiliki tubuh kencang dan berotot. Tidak hanya pria, bahkan wanita pun kini tidak segan-segan mengangkat beban untuk mendapatkan otot-otot yang kencang. Tidak mengherankan jika akhirnya mereka rela merogoh kocek lebih dalam dan meluangkan waktu 1 hingga 2 jam untuk berolahraga di gym.

Memiliki otot yang padat memang dapat menunjang penampilan. Namun tahukah kamu kriteria otot yang sempurna? Ditinjau dari unsur kesehatan, otot yang baik harus dapat menunjang aktivitas seseorang dengan optimal. Dengan kata lain, harus mempunyai kekuatan yang memadai dan dapat mengatasi beban pekerjaan rutin tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Namun jika dilihat dari segi bentuk semuanya itu tergantung pada selera. Apakah kamu menyukai otot yang tidak terlalu besar tapi padat atau justru menyukai otot yang besar dan padat?

Apapun bentuk otot yang kamu inginkan, hendaknya perhatikan jenis latihan dan konsumsi makanan kamu sehari-hari. Latihan beban adalah salah satu pilihan yang dapat membuat otot lebih kencang dan padat. Untuk mendapatkan otot-otot yang besar, lakukanlah latihan dengan mengangkat beban yang berat. Otot-otot yang secara langsung mengatasi beban tersebutlah yang akan mengalami perubahan menjadi lebih besar. Sedangkan jika latihan beban yang dilakukan dengan mengangkat beban yang ringan dan dilakukan berulang kali maka yang akan kamu dapatkan adalah otot yang padat tapi tidak membesar.

Umumnya latihan beban dilakukan 2-3 kali seminggu. Jika dilakukan rutin, maka dalam jangka waktu 2-3 bulan, kamu bisa melihat hasilnya. Hasil maksimal akan didapatkan jika ditunjang pula dengan diet yang tepat. Ingin mencoba? Disarankan untuk mengantur jadwal latihan dengan tepat dan didampingi seorang trainer. Tujuannya tidak lain agar kamu terhindar dari cedera. Selingi latihan beban dengan latihan lainnya yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Latihan yang dikelola sedemikian rupa akan memberikan waktu kepada tubuh untuk melakukan pemulihan.

Selain mengatur jadwal latihan, diet yang tepat penting untuk kamu terapkan. Batasi asupan lemak. Sebagai gantinya, konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi sebagai sumber tenaga dan protein yang berguna untuk pembangunan. Lakukan diet yang seimbang dengan komposisi makan yang tepat. Mengatur waktu makan juga menjadi kunci keberhasilan program pembentukan yang kamu lakukan.
Penting diingat bahwa tdak ada jalan pintas untuk mendapatkan otot yang padat dan tubuh yang bugar. Lakukan latihan yang tepat dan jalankan dengan tekun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: