Menjaring Pekerjaan Ideal Lewat Internet


VIVAnews – Kebahagiaan setelah melalui proses wisuda menjadi sarjana telah usai. Sekarang saatnya menghadapi dunia nyata, salah satunya mencari pekerjaan. Banyak para lulusan baru alias fresh graduate tak tahu bagaimana mencari pekerjaan yang pas dengan studinya atau bingung memilih langkah.

Alih-alih hanya ‘menyebar’ resume dan mengandalkan gelar. Sebaiknya gunakan cara cerdas untuk memperoleh pekerjaan di internet bahkan sebelum menjelajah iklan lowongan pekerjaan. Sebuah persiapan kecil akan mempersingkat proses pencarian pekerjaan dan membuka peluang sukses lebih baik.

1. Buat Akun e-mail profesional
Hal paling penting adalah membuat sebuah akun email pribadi sebelum mengirimkan resume. Akun email profesional bertujuan menarik majikan potensial dalam korespondensi dan membantu menyimpan aplikasi lebih terorganisir.

Pastikan nama yang Anda gunakan dalam akun adalah nama profesional dengan nama lengkap, bukan nama panggilan.

2. Kunjungi pusat layanan karier universitas
Seorang layanan karier di universitas dapat menempatkan Anda dengan para alumni yang Anda inginkan dan bahkan membantu membuat resume yang sesuai dengan keperluan calon perusahaan atau majikan. Di sini juga banyak terdapat peluang yang ditawarkan bagi para lulusan.

3. Buat koneksi di jejaring sosial
Situs jaringan sosial adalah ‘toko serba ada’ yang menyajikan lowongan pekerjaan yang mungkin saja cocok dengan kualifikasi Anda. Sekarang sangat umum terjadi seorang HRD akan menggunakan situs jejaring sosial seperti LinkedIn, Twitter dan Facebook untuk merekrut calon karyawan. Berarti, profil Anda harus dipoles sempurna. Jangan menunggu seseorang meminta link ke profil Anda. Sebaliknya, masukkan profil Anda dalam e-mail yang pertama Anda kirim.

4. Pasang status yang menunjukkan Anda sedang mencari pekerjaan
Sebuah status mengenai rencana masa depan termasuk tipe pekerjaan ideal bisa Anda masukkan dalam status-status Anda. Komentar dari teman-teman dan keluarga atau koneksi bisa membantu Anda menemukan kontak yang tepat. Tumbuhkan jaringan dan selalu hubungi semua koneksi yang Anda punyai dalam jejaring secara teratur. Siapa tahu dari menjaga hubungan dengan teman Anda akan menemukan pekerjaan impian.

5. Cari kontak pengusaha dan profesional
Email adalah kartu virtual yang bukan saja dapat dijadikan sebagai wahana untuk berhubungan dengan keluarga dan teman, tetapi dapat menjangkau individu profesional.

Email pribadi yang menyediakan informasi tentang pekerjaan yang Anda cari membuka peluang berkomunikasi tentang pekerjaan idaman. Agar lebih baik, coba untuk terhubung dengan para profesional secara langsung melalui telepon dan nasehat darinya segera. Bila kualifikasi Anda memenuhi kebutuhan perusahaan, Anda akan jadi orang pertama yang mengetahui informasi bila ada lowongan pekerjaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: