Tempat Paling Kotor di Kantor


Banyak karyawan tidak menyadari bahwa ada lokasi di tempat kerja yang menyimpan bakteri terbanyak. Di lokasi manakah itu?

Jawabannya adalah tombol elevator atau lift. Ternyata, tiap kali memencet tombol lift, Anda bisa berbagi bakteri dengan orang yang pernah atau yang akan memencet tombol tersebut.

Kesimpulan itu berdasarkan penelitian yang dilakukan pakar dari University of Arizona, AS. Mereka menganalisis bakteri pada permukaan tombol di lift hotel, restoran, bank, kantor, dan bandara.

Hasilnya, rata-rata 313 unit pembentuk koloni (CFU) bakteri terdapat di setiap sentimeter persegi permukaan tombol lift. Koloni bakteri yang ada di tombol lift jauh lebih banyak dibandingkan yang ada di permukaan kloset yang hanya sekitar delapan koloni, seperti dikutip dari Geniusbeauty.

Menurut salah seorang peneliti, Dr Nicholas Moon, di gedung yang setiap hari ramai dikunjungi orang, tombol  lift bisa disentuh puluhan tangan setiap jam. Dengan demikian terjadi pertukaran konstan dari berbagai mikroorganisme di tombol itu.

Apalagi, jika tombol lift sampai tidak dibersihkan secara teratur, maka sangat berpotensi terjadi penumpukan bakteri sangat tinggi.

Sementara itu, menurut penelitian sebelumnya pada topik sama menunjukkan bahwa keyboard komputer empat kali lebih kotor dari kursi toilet. Sedangkan ponsel 18 kali lebih kotor dari pegangan tempat sampah di toilet umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: