Mengapa Wanita Takut Gemuk


Saat bercermin, dan menganggap tubuhnya gemuk, otak wanita langsung membentuk persepsi negatif. Analisa yang dilakukan para peneliti di Brigham Young University Amerika itu memperlihatkan kondisi psikologis wanita yang takut memiliki tubuh gemuk.

Mengapa wanita takut gemuk? Menurut penelitian di atas, tanpa sadar, para wanita telah tergiring citra cantik dengan penampilan tubuh langsing.

Namun, ada kabar baik bagi para wanita. Bila selama ini Anda merasa diri kelihatan gemuk, itu tak sepenuhnya benar. Tubuh wanita sebenarnya lebih kurus dan lebih tinggi dari yang mereka bayangkan.

Para ilmuwan di University College London menemukan, gambar tubuh seseorang sebagian besar ‘terdistorsi’ oleh otak yang memperbesar ukuran hingga dua pertiga dari kenyataannya. Gambar otak terhadap tinggi badan juga mengalami hal serupa. Otak menggambarkan tubuh lebih pendek dan lebih gemuk daripada yang sebenarnya.

Para peneliti percaya penemuan mereka membantu menjelaskan penyebab gangguan dysmorphia dan gangguan makan seperti anoreksia. Dr Michael Longo, pakar neurolog yang memimpin penelitian mengungkapkan, “Bayangan di cermin seringkali menunjukkan wanita tidak gemuk, tetapi karena otak terdistorsi oleh tubuh model menyulitkan wanita percaya mereka tidak gemuk,” katanya seperti dimuat Lemondrop.

Jadi, ada baiknya mempercayai ucapan pasangan yang mengatakan bahwa Anda benar-benar memiliki tubuh ideal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: