Bahaya Penggunaan Pembalut Yang Kurang Berkualitas


wanita …. Wanita merupakan mahluk yang indah dan menawan … mahluk yang dapat membuat pria melakukan apa saja demi mendapatkan cinta dan perhatiannya ….mahluk yang dapat merubah hitam menjadi putih .. gelap menjadi terang … dan keterpurukan menjadi kesuksesan … namun wanita lah yang sangat penuh dengan kekurangan di dunia ini … dengan segala keterbatasan dan kodratnya sebagai tulang rusuk pria … dan dengan fitrahnya sebagai wanita
wanita memeliki kodrat dan beban yang sangat berat dalam hidup ini yaitu melahirkan untuk melanjutkan keturunan agar bertahan dari kepunahan dan berjuang antara hidup dan mati …  tapi tau kah anda bahwa harta paling berharga seorang wanita yaitu rahim sangat rentang akan jamur, bakteri, virus,dan kangker ??
menurut WHO dan Yayasan Kangker Indonesia, saat ini penyakit kangker lehir rahim mengakibatkan meninggal sedikitnya 200.000 wanita setiap tahun atau satu wanita setiap 2 menit ..wow !!!
menurut The Tampon Safety and Research Act of 1999, H.R.890.U.S.A.1999 (kongres tentang penelitian dan keamanan Tampon di Amerika Serikattahun 1999) menyatakan bahwa zat dioxin dan serat sintesis yang terkandung dalam pembalut wanita dan produk sejenis beresiko tinggi terhadap kesehatan wanita, termasuk resiko terhadap : kangker serviks, endometriosis, kanker ovarium, kanker payudara, penurunan sistem kekebalan tubuh, radang pelviks, sindroma syok keracunan dan lain-lain.
Jika menggunakan pembalut biasa, meskipun baru 2 jam pemakaian, terdapat sekitar 107 bakteri per milimeter persegi. kondisi inilah yang menyebabkan wanita mudah terjangkit infeksi jamur, bakteri dan virus selama menstruasi. hampir semua pembalut wanita yang beredar di pasaran terbuat dari kertas bekas dan serbuk kayu / pulp yang diolah dengan menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya untuk memutihkan dan membersihkan yang selanjutnya dibungkus rapi. penggunaan pembalut yang kurang berkualitas inilah yang menjadi salah satu penyebab dari kemungkina wanita dewasa terjangkit infeksi vagina.
Dioxin adalah istilah umum untuk penamaan lain dari polychlorinated dibenzo-p-dioxins (PCDDs) dan  polychlorinated dibenzofurans (PCDFs). PCDDs yaitu senyawa organik yang terdiri dari dua buah siklus benzen yang dihubungkan oleh dua buah atom oksigen dan memiliki satu sampai delapan atom klor yang menempel pada setiap sisinya. PCDFs adalah senyawa organik yang berasal dari satu keluarga dengan PCDDs dengan perbedaan pada ikatan antara siklus benzen-nya hanya dihubungkan oleh satu atom oksigen dan karbon. Jenis lain senyawa organik yang masih dalam kelompok ini adalah PCB (polychlorinated biphenyls). Senyawa ini berbentuk seperti oli yang sering digunakan sebagai pendingin kapasitor besar. Sifat fisik dioxin umumnya adalah padatan tidak berwarna dengan kelarutan yang tinggi di dalam lemak atau minyak (lipophilic). Oleh karena itu dioxin dapat dengan mudah terkontaminasi atau sengaja dikontaminasikan ke dalam makanan, khususnya yang mengandung lemak seperti susu dan makanan olahannya. Senyawaan ini umumnya stabil dan tidak mudah bereaksi dengan senyawa kimia lain, semisal asam dan alkali, tetapi dapat terurai secara bertahap dengan adanya cahaya ultraviolet.(http://www.lumintoe.com).
Saat wanita haid darah yang menetes jatuh mengenai pembalut akan mengakibatkan zat pemutih menguap dan menghasilkan zat dioxin .. zat ini akan masuk ke dalam vagina dan terus berjalan hingga sampai ke dalam ovarium.
Beberapa penyakit akibat zat dioxin yang masuk ke dalam vagina antara lain :
Myom

Kangker Serviks

Marilah menggunakan pembalut yang berkualitas … harga bukanlah menjadi persoalan demi kesehatan reproduksi dan demi merawat harta yang sangat berharga bagi wanita ini.

4 Responses to “Bahaya Penggunaan Pembalut Yang Kurang Berkualitas”

  1. Ni Ketut Sri Astiningsih Says:

    Bisa kasi rekomendasi, pembalut wanita yang baik dan sehat.

  2. ichadchemical Says:

    maaf mba untuk itu lum bisa dipastikan pmblut mna yng bgus dan pmbalut mna yng tidak bagusss

  3. Arief Says:

    Izin Share ya….tulisan anda….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: